Penetrasi smartphone di Indonesia membawa efek domino ke beberapa ranah bisnis lainnya, seperti bisnis e-commerce di negara ini. Para e-commerce beramai-ramai menggeluti aplikasi mobile demi menarik lebih banyak pendapatan. Beberapa di antaranya merupakan nama-nama besar seperti Kaskus, Tokopedia, Lazada, Zalora, OLX, BukaLapak, dan Elevenia.

Berita tentang pemain besar tersebut sudah sering muncul di halaman kami. Namun masih banyak pemain e-commerce lokal lainnya yg juga telah memiliki aplikasi mobile. Berikut 10 aplikasi android  e-commerce di Indonesia yg mempermudah Anda berbelanja melalui perangkat mobile. Daftar disajikan tanpa urutan khusus.

1. Shoop

Startup ini merupakan lulusan Ideabox Batch 1 yg diselenggarakan Indosat dan Jakarta Founders Institute. Mereka memang hanya memfokuskan diri pada aplikasi, dgn kata lain, tidak ada website yg dikembangkan. Melalui aplikasi ini, pengguna bisa mengirim dan menjual produk mereka di beberapa marketplace secara bersamaan, seperti Tokopedia, Bukalapak, dan Elevenia.
Uniknya, para pembeli potensial dapat mengikuti merchant favorit mereka dan menerima notifikasi berupa email atau SMS saat terdapat promo. Aplikasi ini telah tersedia utk perangkat Android sejak tahun 2013.
Download aplikasinya melalui Google Play: Shoop! Social E-commerce – gratis

2. Yes24

Yes24 merupakan e-commerce yg berasal dari Korea Selatan dan menjual produk-produk seperti buku, kosmetik, barang elektronik, film, dan juga kartu ucapan. Meski sudah berada di Indonesia sejak April 2011, aplikasi Yes24 baru diluncurkan pada April 2014 lalu. Selain Indonesia, Yes24 juga menyediakan aplikasi utk pasar Vietnam dan Korea Selatan.
Download aplikasinya melalui Google Play: Yes24 Indonesia – gratis

3. Bhinneka

Bhinneka bisa dibilang sebagai pelopor bisnis e-commerce di dalam negeri. Bagaimana tidak, mereka telah merintis bisnis sejak tahun 1999. Produk yg ditawarkan Bhinneka berupa perangkat komputer dan gadget. E-commerce ini berambisi utk menjadi ‘Amazon-nya Indonesia.’ utk melancarkan hal tersebut, mereka telah memiliki aplikasi mobile utk Android sejak Juni 2012 lalu.
Download aplikasinya melalui Google Play: Bhinneka.com – gratis dan iTunes Store: Bhinneka.com – gratis

4. Qoo10 Indonesia

Website ini merupakan perpaduan antara e-commerce dan marketplace yg menjalankan model bisnis business-to-consumer (B2C) dan juga customer-to-consumer (B2C). Aplikasi mobile milik mereka telah aktif sejak akhir 2011 lalu. Selain Indonesia, mereka juga aktif beroperasi di enam negara Asia lainnya, termasuk Singapura, Malaysia, dan Cina.

Uniknya, Qoo10 sering mengadakan promo berupa daily deals, group buying, dan penawaran harga terendah. Selain itu, Qoo10 juga menyediakan program Lucky Lounge yakni undian bagi pembeli utk mendapatkan potongan harga. Produk yg dijual lebih banyak mengacu pada fashion, makanan, dan juga aksesori gadget.
Download aplikasinya melalui Google Play: Qoo10 Shopping Indonesia – gratis

5. Himax

Sudah santer tedengar bahwa Himax memang saingan berat Xiaomi. Selain melakukan penjualan melalui website, kini produsen smartphone lokal ini juga mulai merambah aplikasi mobile utk Android. Meski demikian, tidak ada produk atau brand lainnya yg dijual di aplikasi ini kecuali smartphone buatan Himax.
Download aplikasinya melalui Google Play: Himax On Stop Smartech – gratis

6. Blibli

E-commerce ini merupakan salah satu anak usaha dari Djarum Group. Produk yg ditawarkan di dalamnya sangat bervariasi karena berkompetisi langsung dgn Lazada, Tokopedia, dan juga BukaLapak. Aplikasi mobile mereka diluncurkan tidak lama setelah website diperkenalkan di tahun 2011. Download aplikasinya melalui Google Play: BliBli App for Android – gratis

7. CipikaStore

Satu lagi e-commerce yg ditelurkan oleh operator telekomunikasi Indosat. Meski diperkenalkan sejak pertengahan 2014 lalu, aplikasi mobile milik mereka baru diperkenalkan beberapa minggu lalu. Berbeda dgn e-commerce kebanyakan, Cipika lebih berfokus pada produk makanan khas daerah dan juga kerajinan tangan dari UKM.
Download aplikasinya melalui Google Play: CipikaStore – gratis

8. Lamido

Lamido merupakan marketplace lulusan Rocket Internet yg beroperasi di bawah nama Lazada. Aplikasi mobile milik Lamido pertama kali diperkenalkan pada akhir 2013. Startup ini menjadi yg pertama menawarkan fitur cash on delivery (COD) dan lelang di Indonesia. Melalui aplikasi ini pengguna dapat melihat rangkaian produk yg dijual, bertukar pesan dgn konsumen lainnya, dan berlangganan informasi promo.
Download aplikasinya melalui Google Play: Lamido: Buy and Sell Online – gratis

9. Rakuten e-commerce

Rakuten e-commerce pertama kali diperkenalkan di awal 2010 oleh raksasa media di Indonesia, MNC Group. Namun keduanya ternyata memutuskan kerja sama di awal 2013, banyak rumor yg dikabarkan terjadi di balik perpisahan ini. Setelah melepaskan diri dgn MNC, kini Rakuten e-commerce fokus utk menggarap pasar Indonesia dgn menawarkan berbagai produk layaknya Lazada dan Tokopedia.
Download aplikasinya melalui Google Play: Rakuten Shopping – gratis

10. DinoMarket

Dengan tagline ‘e-commerce Bebas Resiko’, DinoMarket pertama kali meluncurkan aplikasi utk platform BlackBerry di tahun 2010. Tak lama berselang, mereka juga akhirnya meluncurkan aplikasi utk perangkat Android. DinoMarket menawarkan berbagai kategori produk layaknya Rakuten, Blibli, Lazada, dan juga Tokopedia.
Download aplikasinya melalui Google Play: Dinomarket.com – gratis

(Diedit oleh Elfa Putri dan Lina Noviandari)