[FOTO] Belalang Raksasa



Ada 11 spesies belalang raksasa, yang sebagian besar secara signifikan lebih besar dari belalang lain pada umumnya. Memiliki panjang tubuh hingga 10 cm (4 in) tidak termasuk panjang kaki & antenanya, & memiliki berat lebih dari 71 g (2,5 oz), menjadikannya salah satu serangga terberat yang pernah didokumentasikan di dunia & lebih berat dari seekor burung. Spesies terbesar dari belalang raksasa ini adalah belalang raksasa dari Little Barrier Island yang juga dikenal dgn sebutan Wetapunga. Belalang raksasa ini cenderung kurang bersosial & lebih pasif dari jenis belalang lain pada umumnya. Nama latin utk spesies ini adalah Deinacrida, utk istilah belalang yang mengerikan. Spesies ini ditemukan terutama di pulau-pulau lepas pantai Selandia Baru, yang telah hampir punah di pulau-pulau daratan oleh hama mamalia diperkenalkan.

Tidak semua spesies ini adalah raksasa. Disebut raksasa oleh karena ukurannya memang melebihi dari jenis belalang lain pada umumnya. Misalnya, jenis Belalang Nelson Alpine yang memiliki berat sekitar 7 gram rata-rata, & Belalang Kaikoura yang memiliki berat hingga 15 gram. Spesies yang lebih kecil dari jenis belalang raksasa ini keunggulan dibandingkan dgn Belalang Raksasa ini karena mereka merasa lebih mudah utk bersembunyi dari predator.

Data & Fakta Tetang Belalang Raksasa :

1. Belalang Little Barrier Island / ‘Wetapunga’ seperti yang dikenal oleh Maori, adalah salah satu yang terbesar & serangga terberat di dunia.
2. Belalang terbesar yang tercatat berjenis kelamin perempuan & beratnya sekitar tiga kali lebih berat daripada tikus! (71 gram).
3. Belalang Raksasa ini lebih suka adalah vegetarian.
4. Belalang Raksasa lebih suka hidup di bawah lantai batu, puing-puing & semak-semak.
5. Kekurangan dari jenis Belalang Raksasa ini adalah tidak dapat melompat, oleh sebab beban tubuhnya yang berat.
6. Jenis Belalang Raksasa ini kadang-kadang dikenal sebagai dinosaurusnya dunia serangga.

Lainnya:

Postingan Lainnya: 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12

Leave a Reply