Udin Bahlok – Panglima Kumbang, Pemimpin Suku Dayak





Foto Pemimpin Suku Dayak, Datuk Panglima Kumbang

Jejak perang suku di TARAKAN sebgai contoh kesabaran dan cinta damai sesosok panglima kumbang..Panglima Kumbang alias Udin Bahlok adalah tokoh Suku Dayak yang punya pengaruh dan kewibawaan di seluruh bumi Kalimantan. Dalam konflik antar etnis di Tarakan Kalimantan Timur, sang Panglima yang badannya dipenuhi tato ini rela turun gunung dari singgasannya di Sampit Kalimantan Tengah ke Tarakan Kalimantan Timur. Siapa sangka Panglima Kumbang berbadan kekar ini sudah berumur 62 tahun.

Aksinya tak sia-sia. Buktinya konflik di Tarakan mereda setelah ia turun langsung memimpin rapat, menenangkan mobilisasi massa di pusat Kota Tarakan. Polisi bahkan Kapolri pun menaruh salut kepada panglima berbadan kecil ini.

Saat mengunjungi Kota tarakan, Jumat (1/10/2010), Kapolri Bambang Hendarso Danuri terus merangkul Panglima Kumbang. Keduanya berpelukan sebagai simbol bahwa kedamaian di pulau kaya ini sudah kembali tercipta.

Berikut kami sajikan foto-foto aksi Panglima Kumbang mulai dari menenangkan massa, memimpin rapat sampai berangkulan dengan Kapolri Bambang Hendarso Danuri. Tribunnews.com secara eksklusif sengaja mengikuti setiap gerak Panglima yang disegani ini selama di Tarakan Kalimantan Timur.

Lainnya

Postingan Lainnya: 1

  1. orang tarakan Says:

    JANGAN SALAH, Saya kenal betul dgn Udin, dia itu PROVOKATOR SEBENARNYA
    sebelum kejadian dia sudah ada di tarakan, dan dia cuma hidup dari menbuat kerusuhan, dan mitos disekelilingnya cuma dibuat buat, saya tau betul karena sering bertemu di samarinda
    JGN SAMPAI TERTIPU !!!! tarakan tidak perlu orang KAlteng utk sekedar mendamaikan, kecuali dia sendiri yg membuat kerusuhan
    seharusnya UDIN B yg diusir dari TARAKAN

  2. ABK Says:

    sedikit informasi buat anda yang juga picik tentang orang dayak(saya bukan dayak tetapi orang sumatera) prihal TARAKAN bukanya yang bermasalah TIDUNG dengan letta(sulawesi), dan dayak maju sebagai penengah antara tidung(dayak islam) dengan letta(sulawesi).
    ini ada link videonya , dan moga otak buruk anda yang berpikiran licik bisa berubah. dan ingat borneo itu milik orang pribumi disana, janganlah sok jago di pulau orang, jika demikian terimalah resikonya.

    http://www.youtube.com/watch?v=xoxWA_J9__w

    yang saya tau inilah etnis asli dari borneo Dayak,Banjar,Kutai,Tidung

Leave a Reply