Download Gratis Program u/ Mengcapture ScreenShot / Snapshot Web


snapshot captureProgram kecil yang saya berikan ini dapat didownload secara gratis di sourceforge, ukurannya sangat kecil,
ketika dicompress hanya sebesar 54kb, tetapi ketika sudah diekstrak ke .exe mencapai hanya 102kb. Tidak memakan banyak space dan portable, berjalan di DOS mode, berarti kamu harus mengoperasikan program untuk mengcapture screenshot / snapshot (biasanya gunakan printscreen) ini dengan command line.

Apakah susah menggunakan “software portabel” ini? Tidak, jangan dulu berprasangka. Justru dengan menggunakan command line, kamu bisa membuat sebuah batch file (untuk orang yang ngerti DOS, batch file, filenya berupa ekstension .bat) sehingga kita mengoperasikan multiple command line dalam satu kali operasi.

Coba kamu download gratis program capturing screen / snapshot ini di sini. Pilih file IECapt-2008-06-10.zip dari release terbaru karena terdapat beberapa pilihan tanggal keluaran program ini. Ukuran file seperti yang saya katakan diatas hanya sebesar 54kb-55kb. Setelah terdownload ke komputer lokal (PC maupun laptop). Silahkan uncompress filenya, kamu akan menghasilkan file bernama IECapt.exe. Hanya satu file? betul.. hasil umcompress hanya satu file dengan ukuran 102kb.

Setelah itu, jalankan mode DOS, mungkin untuk pengguna Windows XP, silahkan pilih Start, lalu pilih menu Run,
lalu masukkan panggil cmd. Setelah itu, akan muncul layar console DOS mode, dan jalankan program gratis bernama IECapt.exe dengan mengetikkan nama file tersebut di command prompt. Ketikkan saja IECapt, maka akan tampil parameter-parameter di layar console.

Untuk simple menjalankan file ini menangkap layar / mengcapture screen sebuah website, cukup jalankan perintah seperti contoh dibawah ini:

IECapt –url=http://www.google.com/ –out=websitegoogle.png

Arti perintah diatas ialah kita ingin mengcapture screen website milik google dan hasil gambar capture tsb kita simpan ke dalam file yang bernama websitegoogle.png. Nah, setelah itu, silahkan buka gambar hasil capture tsb dengan Microsoft Paint atau Microsoft Picture Viewer atau bahkan dengan Adobe Photoshop kamu untuk kamu permak.

Hasilnya sangat mengagumkan. Hebat bukan? Silahkan dicoba.Cara kerja free program ini sangat mirip dengan apa yang dikerjakan oleh Snap, sebuah layanan yang dapat mengembed preview sebuah websitesecara live, tetapi program ini bekerja secara offline. Untuk mengambil screen beberapa website sekaligus dengan satu perintah, coba kamu bikin sebuah file batching di notepad,
dan berikan berturut-turut command line pada contoh diatas, lalu simpan file tersebut dengan ekstension .bat, misalnya : catchwebscreens.bat.

Nah, hebat bukan program kecil, bayangkan, hanya 1 file bisa bekerja luar biasa tanpa file library lainnya.

Permalink:

Tautan
 3  4  5  6  7  8  10  11  12  13  14  15  16  17  18  20  21  22  23  24  26  32  36  37  38  39  42  43  44  46  48  

2 Responses to “Download Gratis Program u/ Mengcapture ScreenShot / Snapshot Web”

  1. 1
    sugeng tigefa Says:

    masih bingung sob cara menjalankannya???? reply please!

  2. 2
    muhamad khaerul Says:

    i like

Leave a Reply