Naskah Asli Supersemar Ditemukan?


Mau lihat gambar Naskah Supersemar “asli” yang bikin heboh? Ingin baca isi Naskah Supersemar? Mau tahu isi dari bunyi Supersemar yang ditemukan ? Tapi belum tau apakah ini Supersemar asli apa palsu, tapi silahkan teliti dulu sebelum memutuskan atau menjudge.

Seperti banyak orang tau bahwa teks asli Surat Perintah Sebelas Maret ini masih menjadi misteri di Indonesia, bahkan di dunia. Tidak ada yang tau persis bunyi asli dari Surat ini. Sampai sekarang pun tidak ada yang tau. Yang pernah kita pelajari dari kejadian ini hanyalah isi-isi perintah yang kemudian memberikan “kekuasaan” yang lebih kepada mantan Presiden Suharto untuk mengambil tindakan yang “perlu” di saat Indonesia sedang mengalami kondisi politik yang tidak menentu setelah peristiwa Gestapu tahun 1965.

Banyak sejarahwan bahkan hanya dapat mereka-reka di mana dokumen ini “diamankan”. Dan tadi barusan saya baca di detikinet yang memperlihatkan kepada pembaca mengenai gambar naskah Supersemar. Walaupun tidak tau apakah ini benar atau tidak, tetapi di detikinet diulas mengenai kejanggalan-kejanggalan yang cukup beralasan mengenai ejaan nama pemimpin negara.

Nah, untuk menelusuri lebih jauh mengenai naskah yang mengubah sejarah Indonesia di tahun 1996 itu, silahkan lihat dan teliti sendiri, mungkin anda adalah orang yang ke-100 yang membaca isi “asli” teks Supersemar.

supersemar

Keaslian atau kepalsuan teks ini hanya waktu yang bisa menjawab.Tapi kali ini bisa menjadi berita yang sensasional sekaligus kontroversial.

Sumber :

http://www.detiknews.com/read/2008/11/30/175403/1045476/10/naskah-supersemar-beredar-di-internet-

tags:

supersemar asli,isi supersemar,naskah supersemar asli,supersemar,naskah supersemar,naskah asli supersemar beredar di internet,bunyi supersemar,ISI SUPER SEMAR,yhs-fh_lsonsw,yhs-per_001
Permalink:

Tautan
 3  4  5  6  7  8  10  11  12  13  14  15  16  17  18  20  21  22  23  24  26  32  36  37  38  39  42  43  44  46  48  

7 Responses to “Naskah Asli Supersemar Ditemukan?”

  1. 1
    jacksplit Says:

    Wah, kalau memang dokumen asli tentang supersemar ini ditemukan, pastilah segala kebenaran diungkapkan secara gamblang.. sekarang ini banyak orang yang masih tidak tahu di mana terdapat dokumen sejarah ini di simpan.. semuanya hanya bisa menebak tidak tahu juntrungannya.. tapi kalau memang ini sudah dibuka.. maka akan ada pelurusan sejarah yang benar..

    saya harap pemerintah bisa dengan arif untuk menanggapi isi dari naskah supersemar yang asli sehingga tidak terdapat lagi kecurigaan di sana sini yang tidak tau arahnya mau dibawa kemana bangsa kita yang tercinta ini.

  2. 2
    pak denono Says:

    Benar juga apa yang dikomentarin oleh jacksplit,seharusnya apa yang menjadi pertanyaan masyarakat dibuka oleh negara saja, kalau memang tau isi naskah teks aslinya ya bukain kepada masyarakat dong.. tapi kalau memang tidak tau ya sudah..

    kejadian supersemar ini sangat penting, kalau memang kenyataan isi surat yang asli tidak sesuai dengan apa yang kita pelajari di pelajaran di sekolah-sekolah dan madrasah2.. maka ini merupakan noda dan aib bagi bangsa dan harusnya semua yang bengkok diluruskan..

  3. 3
    wong cilik Says:

    sangat – sangat meragukan, baik dari kata maupun ejaan yang digunakan.
    para politisi ga usah lah cari sensasi untuk mencari simpati rakyat

  4. 4
    Dasman Djamaluddin Says:

    NASKAH ASLI SUPERSEMAR DITEMUKAN ?

    Oleh Dasman Djamaluddin

    “Presiden Punya Informasi tentang Naskah Asli Supersemar,’ itulah salah satu lead berita yang saya baca.

    Presiden Susilo Bambang Yudhoyono katanya memiliki informasi tentang keberadaan naskah asli Surat perintah 11 Maret yang ditandatangani Presiden Soekarno pada 11 Maret 1966. Bahkan Presiden sudah meminta Arsip Nasional menindaklanjuti benar atau tidaknya informasi tersebut.

    Sejauh ini generasi muda bangsa masih mendambakan ditemukannya surat asli tersebut.Sejak 11 Maret 1966, naskah asli Supersemar hilang. Di tengah-tengah masyarakat sudah beredar berbagai versi Supersemar. Sudah tentu yang beredar itu naskah palsu, karena yang asli belum ditemukan. Membingungkan, karena naskah aslinya tidak juga ditemukan. Untunglah pencarian naskah asli Supersemar tetap dilaksanakan. Buktinya Presiden RI sekarang punya informasi tentang itu.

    Diakui bahwa sudah muncul rasa “bosan”, jika seseorang mendengar naskah asli Supersemar. Apa betul naskahnya bisa diperoleh ? Sebagai contoh, kebosanan itu telah merasuki pola berpikir para intelektual kita dalam Seminar Nasional dan Diskusi Interaktif “Implikasi Wafatnya Soeharto terhadap Kebenaran Sejarah Supersemar,” pada Selasa, 25 Maret 2008 di Fakultas Hukum Universitas YARSI, Jakarta.

    Selain saya sebagai pembicara (Penulis Buku:”Jenderal TNI Anumerta Basoeki Rachmat dan Supersemar”/Direktur Eksekutif Lembaga Pengkajian Sejarah Supersemar/LPSS), hadir pula Dr.Anhar Gonggong (Sejarawan), Atmadji Sumarkidjo (Penulis buku:”Jenderal M.Jusuf Panglima para Prajurit”) dan Abdul Kadir Besar (Sekretaris Umum MPRS 1966). Terlihat sangat jelas ada ‘kebosanan’ berbicara tentang naskah asli Supersemar. Bahkan Anhar Gonggong dan Atmadji Sumarkidjo mengatakan, naskah asli adalah bagian masa lalu, oleh karena itu naskah asli Supersemar tidak perlu dicari). Tetapi saya di dalam makalah :”Supersemar, Sumber Sejarah yang Hilang,” tetap bertahan bahwa naskah asli Supersemar harus ditemukan, demi generasi pewaris bangsa ini ( makalah lengkap ada di http://dasmandj.blogspot.com).

  5. 5
    Manudoh123 Says:

    Mengenai ejaan nama pemimpin negara (Bung Karno) yang dianggap janggal, bisa dilihat penjelasannya pada link berikut ini:

    http://forget-hiro.blogspot.com/2010/05/sukarno-bukan-soekarno.html

  6. 6
    pina Says:

    mau nanyak … apa isi supersmar ????

  7. 7
    kimyong Says:

    hmmm.. kan di sejarah ada tuh..beri kekuasaan terbesar kepada Pangkostrad Soeharto untuk bertindak dengan penuh

Leave a Reply