Rationalizer – Cara Mengendalikan Emosi Yang Baik?


Selama kita hidup, satu hal yang tidak dapat kita lepaskan yaitu berkenaan dengan emosi. Emosi manusia timbul dari berbagai input yang terjadi dan kemudian dari input tersebut kemudian akan diolah di pikiran dan di hati. Setelah itu, emosi itu dihasilkan. Memang proses untuk menghasilkan output tsb merupakan misteri manusia. Banyak faktor yang mempengaruhi bagaimana seseorang menanggapi / merespon suatu peristiwa baik yang menyenangkan maupun yang tidak menyenangkan. Pengalaman masa lalu, kebiasaan, iman kepada TUHAN dan masih banyak lagi akan sangat memberi dampak output terhadap emosi seseorang yg kemudian akan menghasilkan tindakan dalam mengambil keputusan.

Bagi saya sebagai seorang Kristiani, saya diajarkan untuk bagaimana mengolah emosi dengan benar. Semua input yang tidak baik coba dipecahkan dengan bergantung pada isi Alkitab sebagai panduan. Walaupun kadang-kadang tidak enak rasanya menghadapi masalah yang pahit, namun karena keyakinan teguh dan janji keselamatan serta buah dari kepercayaan spt berkat, sukacita, damai sejahtera yang saya rasakan, saya bisa menghandle serta mengatasi banyak masalah besar dengan ‘kepala dingin’.

Ok, back to topic… sebuah alat yang mungkin bisa dipakai sebagai ‘alarm’ atau ‘warning’ untuk memperingatkan emosi kita berbentuk gelang bisa dipakai sehingga kita bisa waspada jangan sampai tindakan kita terlalu jauh sehingga berdampak buruk pada masa depan kita dan orang lain. Perasaan seperti marah, sedih bahkan rakus, terlalu gembira juga bisa dideteksi alat yang bernama Rationalizer.

Alat Rationalizer ini terbagi dalam 2 komponen. Komponen pertama berbentuk gelang yang disebut EmoBracelet. Sedangkan komponen kedua berbentuk mangkuk yang dinamakan EmoBowl. Komponen EmoBracelet dipakai di tangan dan akan mendeteksi setiap getaran denyut nadi serta jantung sehingga akan menyampaikannya kepada EmoBowl. Indikator warna kemudian dipancarkan kepada kita dengan berbagai warna indikator. Warna-warna seperti kuning, oranye, merah akan hadir sebagai petunjuk akan indikasi emosi perasaan kita.

Alat ini memang bagus untuk orang-orang tertentu yang tidak mampu mengendalikan diri terhadap emosi, tetapi alangkah bagusnya kita bergantung pada TUHAN sehingga kita mampu memanajemen diri kita sendiri? Disinilah iman kita yang berbicara. Thanks to Jesus Christ I can handle myself !

NB: Apakah perlu sebuah alat untuk mengendalikan emosi kita?

tags:

bagaimana cara mengolah emosi,cara mengendalikan emosi,cara mengendalikan emosi dengan baik,yhs-default
Permalink:

Tautan
 3  4  5  6  7  8  10  11  12  13  14  15  16  17  18  20  21  22  23  24  26  32  36  37  38  39  42  43  44  46  48  

One Response to “Rationalizer – Cara Mengendalikan Emosi Yang Baik?”

  1. 1
    Bali Wedding Says:

    Saya ingin bisa mengolah emosi saya dengan baik, agar emosi saya bisa stabil dan saya bisa menjadikan emosi saya itu menjadi sebuah energi buat saya, bukan sesuatu hal yang sangat merugikan untuk saya dan untuk orang lain………..

    selama ini saya sudah belajar dan mencoba mengolah emosi saya, dan hal itu cukup menguntungkan buat saya……saya jadi bisa lebih sabar lagi utnuk mengahadapi permasalahan atau mengahadapi orang-orang dengan berbagai watak dan karakter…….

    ya mencoba mengolah emosi cukup baik untuk kehidupan Anda…..salam kenal….

    Bali Villa Bali Villas Bali Property

Leave a Reply