Cara Memodifikasi Antena Parabola Agar Bisa Akses Internet


Memakai Antena Parabola utk Akses Internet :

Selama ini kita hanya melihat TV dari berbagai macam Stasiun TV swasta maupun TVRI. Juga TV luar negeri melalui melalui parabola menerima siaran TV luar negeri melalui Satelit.

Teknologi ini memang hanya dapat menerima saja (downstream) karena DVB berformat digital dapat dilalui paket data internet berformat TCP/IP.

Untuk upstream internetnya harus disediakan oleh ISP lokal baik melalui media wireless ataupun cable. Referensi utk teknologi ini dapat diakses melalui:
” Digital Video Broadcasting is harmonized digital TV that covers all media (satellite, cable and terrestrial). It supports Internet services at speed up to 6 Mbps and can be used on mobile devices”

Peralatan dibutuhkan utk membuka / akses Internet melalui teknologi ini, perangkat dibutuhkan adalah:

1. Antena Parabola TV
Merupakan antenna parabola TV biasa kita lihat sehari hari pada rumah-rumah penduduk menggunakan parabola TV utk melihat TV luar negeri dari satelit.

2. DVB Card
Merupakan card slot PCI dapat dipasang pada komputer pada slot PCI tersedia.

3. LNB
LNB bias anya terpasang pada ujung antenna parabola dan hal ini merupakan terpenting. Merk Norsat merupakan standard industri dalam teknologi DVB ini. Norsat 8215 Digital, 15 Kelvin.Norsat products are engineered to be DVB-compliant. Silakan Anda lihat pada alamat www.norsat.com/industry/glossary.h tm

Dari keterangan di atas akan dapat dikembangkan menjadi sebuah topologi internet lebih lengkap sebagai berikut:

Dari gambar menunjukkan bahwa akses internet downstream didapat melalui satelit dan DVB Router PC. Komputer dianjurkan hanyalah Pentium 2 dgn RAM minimal 128 MB. Anda juga bisa meng-install linux dan driver DVB-nya.

Upstream akan di sediakan oleh ISP lokal, baik melalui teknologi wireless ataupun cable.Hal ini akan me nyebabkan efektifitas biaya karena pada umumnya kebutuhan downstream lebih besar daripada upstream.

Upstream digunakan hanya utk request http, ftp, dan smtp email. Sedangkan downstream dibutuhkan oleh akses browsing, gambar, video dan lain sebagainya. Biasanya kebutuhan upstream berbanding downstream adalah 1:4. Artinya jika downstream 1 Mbps maka upstream dibutuhkan hanya sekitar 256 Kbps.

Hal-hal perlu diperhatikan

Agar sistem ini dapat berjalan dgn baik maka hal perlu diperhatikan adalah pembukaan open filter IP pad a upstream provider. Artinya ISP lokal melayani upstream harus memperbolehkan IP (Internet Protocol) dari akses downstream melewati jaringan mereka (router mereka) . Sebagai contoh IP dari Hawaii Pasific Teleport http://www.hawaiiteleport.com/ 216.236.100.0/24 harus di open filter di router ISP lokal melayani upst ream sehingga sistem ini dapat berjalan dgn sebagaimana mestinya.

mamasipenk

tags:

modif antena parabola,cara memasang dvb card,pengganti parabola,modifikasi parabola untuk internet,modifikasi antena parabola,harga router parabola,antena pengganti parabola,router parabola,lnb untuk internet,cara modifikasi antena parabola agar bisa akses internet
Permalink:

Tautan
 3  4  5  6  7  8  10  11  12  13  14  15  16  17  18  20  21  22  23  24  26  32  36  37  38  39  42  43  44  46  48  

8 Responses to “Cara Memodifikasi Antena Parabola Agar Bisa Akses Internet”

  1. 1
    zaki Says:

    lnb nya x band/ku band

  2. 2
    Agam Says:

    Aktikelnya sama dengan yang sebelah..
    Kenapa bisa gan..
    Gx ada yang lain ya..Yang lebih maknyus gitu..

    Sorry..Buka menghina..

  3. 3
    Akmal Says:

    kira2, brp biaya yg dibutuhkan untuk membuat semua itu ???
    alat itu, jadi modemnya ja ato gmn ?
    trus, kita pa masih butuh modem dan kartu handphone/speedy/akses internet lain ?

  4. 4
    Ahmad Yani Says:

    dimana yg jual DVB Card nya?

  5. 5
    budi Says:

    harga 500 rb langusng bisa d gunakan..
    untk wilayah sukabumi kota ongkos pemasangan gratis..

  6. 6
    Agus Says:

    Pa/ Bu,

    Mohon konfirmasi, seandainya kami ingin dapatkan siap pakai, bagaimana caranya.

    Terimakasih

    Agus

  7. 7
    ruby Says:

    gan kira2 abis brapa nh?
    tolongin aku dong!
    aku pengen buat<

    tolong reaply ini

  8. 8
    dvb card Says:

    gan,,harga dvb card nya berapa ,,saya di bandung,,mksih

Leave a Reply