eBook gratis : Tutorial Belajar JQuery Dasar


Learn JQuery For Beginner, Tutorial to Learn Jquery Language for Javascript Programing With AJAX, Extend Website More Beautiful and Interactive With Jquery

Dengan dikenalnya AJAX script, maka cukup sekali login, dan script akan memproses dengan menampilkan icon loading seolah-olah terjadi processing permintaan yang rumit (padahal iconnya dirancang animated) dan kemudian response diberikan seketika juga sehingga tidak ada lompatan halaman per halaman.

Lebih ke depannya lagi, JQuery semakin menyederhanakan AJAX script. Baris kode yang seharusnya ditulis belasan bahkan puluhan line code bisa dipangkas menjadi 5-6 baris kode script. Itu berkat library jQuery tersebut. Nah, tentunya di dalam library kecil yang powerful ini terdapat berbagai function-function yang bisa digali.

Nah, untuk mempelajari library JQuery tersebut, ada baiknya kita mulai dari dasar. Belajar melalui ebook apalagi ebook gratis tentunya menyenangkan. Ya, namanya juga gratis, tidak berbayar. Dengan ebook gratis tutorial Jquery ini, kita bisa mendapatkan panduan dari dasar implementasi function-function yang terdapat di JQuery. Belajar pun akan lebih mudah kalau dasarnya sudah kuat. Nah, untuk dapatkan pelajaran JQuery dasar, silahkan download ebooknya langsung berjudul jQuery Fundamentals.

Contoh pemakaiannya:

$(document).ready(function()
{
    $(".button").click(function ()
    {
      $("p").hide("slow");
    });
});

Jika terdapat tag “p” di HTML diclick, maka secara perlahan dan animated, semua elemen di “p” akan disembunyikan.Hebat kan? Kalau dulu sebelum ada library ini, saya harus memprogramnya dengan belasan baris kode script.Pemula alias novice bisa cepat menyerapnya karena baris-baris JQuery sangat friendly.

Apa itu JQuery?

Sebenernya, JQuery bakal kerasa asing kalo kita belum kenal HTML dan JavaScript (JS). jadi bakal lebih baik kalo sebelum belajar JQuery, matengin dulu konsep HTML (dan PHP) dan JS baru belajar JQuery.

JQuery dikembangkan pertama kali oleh John Resig pada tahun 2005 yang terinspirasi dari kode Behavior. Saat itu, John merasa hasil dari kode Behavior tidak elegan, jelek. maka dikembangkan JQuery, dimana penulisan kode jadi lebih simple dengan hasil yang ‘menyenangkan’. JQuery sendiri pertama kali rilis tanggal 14 Januari 2006. Dan sampai saat ini sudah rilis hingga versi 1.3.2

JQuery merupakan salah satu library JS. Kalo di PHP kita mengenal framework, maka JQuery bisa dianggap salah satu “framework” nya JS.

Pada kenyataannya jarang sekali sebuah situs dibuat murni JQuery. Biasanya JQuery diposisikan seperti sebuah ‘function’ atau class untuk di”tempel”kan pada sebuah web/aplikasi berbasis HTML atau PHP.

Sebelumnya mengenai Ajax :

Istilah AJAX pertama kali dikemukakan oleh Jesse James Garrett dalam artikelnya yang berjudul AJAX: A New Approach to Web Applications. Dalam artikel tersebut ia mengatakan bahwa AJAX sebenarnya bukanlah teknologi pemrograman web yang berdiri sendiri tetapi kombinasi dari beberapa teknologi web yang sudah lebih dulu populer, yaitu XHTML/CSS, Document Object Model (DOM), XMLHttpRequest, dan JavaScript.

Pada tulisan ini saya tidak akan menguraikan lebih lanjut apa yang dimaksud dengan AJAX tersebut. Jika Anda ingin mengetahui lebih dalam silakan baca artikel aslinya pada alamat URL berikut.

20 Amazing jQuery Plugins and 65 Excellent jQuery Resources – Mencari plugin-plugin keren yang ditulis berdasarkan library yang ada di Jquery.

jQuery virtual tour
- Belajar JQuery untuk tahap yang lebih expert lagi. Mulai untuk memahami tahapan-tahapan yang advanced.

tags:

belajar jquery untuk pemula,ebook belajar javascript dasar,ebook gratis jquery,free ebook jquery
Permalink:

Tautan
 3  4  5  6  7  8  10  11  12  13  14  15  16  17  18  20  21  22  23  24  26  32  36  37  38  39  42  43  44  46  48  

9 Responses to “eBook gratis : Tutorial Belajar JQuery Dasar”

  1. 1
    kimyong Says:

    jQuery is a cross-browser JavaScript library designed to simplify the client-side scripting of HTML. It was released in January 2006 at BarCamp NYC by John Resig. Used by over 31% of the 10,000 most visited websites, jQuery is the most popular JavaScript library in use today.

  2. 2
    kimyong Says:

    jQuery is free, open source software, dual-licensed under the MIT License and the GNU General Public License, Version 2.

  3. 3
    kimyong Says:

    jQuery’s syntax is designed to make it easier to navigate a document, select DOM elements, create animations, handle events, and develop Ajax applications.

  4. 4
    adi bowo Says:

    wah, bahas inggris ya bozz…:)

  5. 5
    kimyong Says:

    yoi bos… belajar dikit2 dan copas lah..

  6. 6
    bellalova Says:

    very nice post.. it’s useful..

  7. 7
    ibanten Says:

    Mantap om emang jquery ini……

  8. 8
    liza1209 Says:

    Nais inpoh gan, tp ane kok ga mudeng-mudeng ya, penyusunan script jquery….

    :’(

  9. 9
    ya2t Says:

    Coba tengok juga disini ada sekitar 200-an video tutor JQuery…http://www.youtube.com/user/thenewboston?feature=watch

Leave a Reply