Internet Banking Bank BCA, BRI, Mandiri : Mana Yang Terbaik?


Di era seperti sekarang ini, apalagi berdomisili di wilayah Jabodetabek yang diwarnai dengan lalu lintas yang padat dan menguras waktu dan tenaga, kebutuhan akan fasilitas perbankan yang menyediakan internet banking mutlak diperlukan. Sudah hampir tidak ada lagi bank-bank besar yang tidak menyediakan fasilitas e-banking kepada para nasabahnya. Dengan bantuan internet banking, mobile banking, sms banking, maka kendala waktu di dalam transaksi finansial akan terpotong dan menjadi efektif. Apalagi saat ini seiring menjamurnya online-online shop di dunia maya maupun dunia BBM dan WhatsApp, maka para supplier, reseller, buyer akan semakin membutuhkan fasilitas perbankan seperti yang saat ini kita bicarakan.
Nah, kebetulan saya juga memiliki online shop, maka saya tentunya juga memiliki rekening bank-bank yang besar seperti halnya BCA, Bank Mandiri, Bank Rakyat Indonesia (BRI), BNI. Dari keempat bank tersebut, hanya 3 yang akan saya bahas dan berikan review sepengalaman saya memakai fasilitas mereka.
Saya ingin menyoroti dari sisi keamanan, efisiensi, ke-informatif-an, dan kenyamanan di dalam pemakaian masing-masing account online bank BCA, Mandiri, BRI. Langsung saja saya memulainya untuk mereview mana yang terbaik.

BCA Online (klikBCA)

BCA adalah bank yang menjadi pelopor e-banking Indonesia yang tentunya sudah mempunyai pengalaman belasan tahun di dalam penyediaan fasilitas internet banking. Di dalam masa-masa tersebut, bank ini tentunya sudah makan asam garam. Di faktor sekuritasnya, bank yang terkenal dengan istilah ‘klikbca’ ini pernah ‘kebobolan’ oleh hacker yang melakukan phising website dengan membangun website dengan nama yang mirip. Saat ini menurut saya, klikbca jauh lebih aman dari sebelumnya dengan menyediakan token yang jika tidak ada perangkat tersebut, maka nasabah tidak dapat melakukan transaksi finansial seperti transfer dana, pembayaran, dll. Di sisi penyediaan history data transaksi-transaksi finansial, menurut saya, klikBCA menjalankan fungsinya dengan sempurna. Nasabah bisa mengecek history selama transaksi keuangan selama 2 bulan sebelumnya. Jadi misalnya ada orang yang mentransfer dana kepada anda di bulan Mei, maka pada bulan Juli pun anda masih bisa mengeceknya.
Selain itu, data yang disediakan juga berurutan dan sangat real-time. Berbeda dengan bankmandiri online yang tidak se-real time BCA. Cara loginnya pun sederhana.
Dengan langsung menuju https://ibank.klikbca.com dan login dengan userID dan password yang bisa anda registrasikan di ATM, maka anda bisa mengecek balance account / rekening BCA mu tanpa harus ke ATM.
Keamanan di sisi privasimu pun terjaga dengan baik. KlikBCA menggunakan cookies untuk memberlakukan waktu expired sehingga ketika anda dalam jangka waktu 2-3 menit tidak melakukan kegiatan di website online mereka, maka secara otomatis, anda harus melakukan login ulang.

Bank Mandiri Online

Bank Mandiri adalah bank terbesar di Indonesia saat ini yang juga menyediakan internet banking yang cukup lengkap. Kita bisa mengecek history transaksi, membeli pulsa telpon, membayar PLN, TV kabel dan berbagai perusahaan lain bahkan membayar uang sekolah anak anda. Bank Mandiri dengan fasilitas online mereka juga menyediakan data yang cukup lengkap dan informatif. Tetapi satu hal yang kalah informatif dari klikBCA adalah, bank Mandiri tidak menyediakan waktu pencatatan transaksi yang seakurat BCA. Misalnya ada 2 transferan masuk ke rekeningmu dalam jangka waktu berbeda 1 jam, maka mungkin saja yang tercatat duluan masuk adalah transferran terbaru. Hal ini tetap saja terjadi walaupun anda sudah mensortir cara penanyangan data-data historinya.
Sama halnya dengan klikBCA, mandiri online juga menggunakan cookies yang cepat expired untuk menjaga privasi kita. Untuk melakukan transfer dana, kamu harus memiliki token juga.
Untuk login, anda bisa langsung menuju: https://ib.bankmandiri.co.id

Bank BRI

Bank Rakyat Indonesia adalah bank pemerintah yang saat ini layak diperhitungkan keberadaannya. BRI Britama dan Simpedes kini sudah menjamur dari kota sampai dengan desa-desa yang bahkan terpencil sekalipun. Sebagai pemilik online shop yang sudah menangani dari Sabang sampai Merauke, tentunya saya harus bisa menyediakan rekening-rekening yang banknya sudah ada di pedalaman Kalimantan, Sumatera, bahkan Papua. BRI adalah bank yang sudah menjangkau daerah-daerah kecil tersebut, BCA dan Mandiri bahkan tidak eksis di pedalaman. Untuk fasilitas online, BRI juga menyediakan fasilitas transaksi perbankan yang finansial maupun non finansial.
BRI Online menurut saya cukup unik. Kita tidak bisa langsung shortcut seperti kita masuk login ke bankmandiri maupun klikBCA yang cukup langsung menuju https.
Anda harus bertandang dulu ke http://bri.co.id sebagai “ucapan salam”. Baru dari sana anda bisa login menggunakan userID dan password didapatkan pada saat registrasi di ATM maupun di cabang-cabang BRI.
Pada halaman login, tidak sama dengan kedua bank tersebut di atas, BRI mengharuskan nasabah juga mengisi captcha untuk mengetahui apakah anda robot atau manusia. Agak lebay mungkin.
Nah, yang paling unik lagi adalah, nasabah tidak boleh sampai melakukan kesalahan mengisikan username dan password sebanyak 3 kali. 3 kali di sini bukan berarti dalam satu IP ataupun dalam 1 hari melakukan 3x kesalahan login. Tetapi fatalnya, jika anda melakukan 3x error login walaupun berbeda hari, maka fasilitas internet banking anda diblokir. Artinya, anda harus meminta reset password dari customer service ataupun mendaftar ulang di ATM.
Di sisi penyediaan data, BRI kalah jauh dibandingkan dengan BCA maupun Mandiri. Tidak ada pencatatan nama pentransfer ataupun yang ditransfer. Fasilitas pembayaran ke perusahaan-perusahaan yang bekerjama samapun sedikit sekali. Tetapi uniknya, BRI memiliki mailbox yang memungkinkan kita mengirimkan pesan dan menerima pesan ke bagian administrasi. Selain itu, jurnal transaksi juga akan dilaporkan secara lengkap ke email kita setiap aktivitas dan waktu yang kita kerjakan setelah login.
Anda bisa login ke http://bri.co.id

Nah, dari ketiga bank yang menyediakan internet online banking, saya merekomendasikan penggunakan klikBCA karena keakuratan, informatif, fasilitas-fasilitas yang tersedia, serta keamanan transaksi.
Tetapi lebih baik lagi kalau anda memiliki semua rekening ketiga bank di atas. Mana yang paling aman, mana yang paling efisien, mana yang paling baik, anda yang bisa menilai sendiri.

Silahkan berikan komentarmu dan bagikan pengalamanmu. Thanks

tags:

apakah bisa mengecek rekening bank orang,cara mengetahui penransfer atm bca via mobile banking,cara mengetahui pentransfer atm,cara mengetahui pentransfer bni,Cara mengetahui pentransfer uang atm mandiri,cek nama penansfer lewat sms banking BRI,e banking terbaik apa ?,internet banking BRI untuk cek nama pentransfer,internet banking mandiri bca,internet banking terbaik
Permalink:

Tautan
 3  4  5  6  7  8  10  11  12  13  14  15  16  17  18  20  21  22  23  24  26  32  36  37  38  39  42  43  44  46  48  

Leave a Reply