Review Tablet Smartfren Andromax Tab 7.0


Tablet yang murah memang banyak saat ini, dan memang saat ini sedang diburu di mana-mana di Indonesia karena harga yang ekonomis dan terjangkau. Salah satu yang menjadi fenomenal saat ini adalah tablet yang dikeluarkan oleh Smartfren. Vendor yang juga meluncurkan paket internet murah dan kencang dengan slogan anti lelet tersebut ini terjual abis di mana-mana. Selalu kekurangan stok dan tiap kali restok pasti abis. Lalu apa sih yang menjadi kehebatan dan kekuatan dari tablet yang diberi nama Smartfren Andromax Tab 7.0.
Yang jelas harganya sangat ekonomis. Harga resmi dari sananya adalah 1,48jt. Menurut sumber dari teman-teman saya, karyawan-karyawan Sinar Mas malahan dikasih diskon 3%, makanya banyak sekali gerilya yang jual dengan harga yang murah di pasaran tetapi bukan Black Market. Selain itu tablet AndroMax Tab 7.0 ini juga sudah dilengkapi dengan spesifikasi hardware yang mencengangkan. Terdapat dua kamera yang bisa difungsikan untuk chatting secara mode video menggunakan kamera depan dan juga bisa merekam video menggunakan kamera belakang.
Untuk layar sentuh, terus terang saya cukup puas karena tidak lelet. Cukup responsif dan tidak ada delay saat kita menyetuh icon manapun juga. Tetapi untuk merotasi layar, responnya agak telat. Bila dibandingkan dengan tablet dan smartphone buatan Samsung yang pernah saya pakai, Smartfren AndroMax Tab 7.0 kalah oke.
Mungkin kendala ini bisa menjadi serius bagi gamers yang ingin download dan main game balap-balapan macam NFS, Asphalt dan game yang menggunakan rotasi layar di dalam mengoperasikan permainan.
Di sisi baterai, tablet murah ini sangat boros baterai, jika anda menggunakan Android Tablet ini untuk keperluan-keperluan yang intens, maka diharapkan anda bisa membawa charger kemanapun anda pergi.
Untuk menyiasati pemakaian tablet supaya tidak boros, maka jika saya sedang tidak berselancar di dunia maya, maka saya mengaktifkan mode pesawat. Untuk lebih baiknya juga jika tidak menggunakan wifi, maka mode Wifi pun dinonaktifkan.
Begitu pula dengan mode Bluetooth, jangan dihidupkan kalau tidak dibutuhkan. Warna kontras layar pun bisa diset agak gelap untuk penghematan baterai.

Karena hanya dibandrol dengan spesifikasi yang pas-pasan, maka sebaiknya anda pun bisa sepintar mungkin mengatur aplikasi yang diinstal dan dijalankan. Pasang SD card yang lebih besar, pindahkan data-data dan aplikasi ke SD card sehingga tidak memenuhi memory internal yang hanya diberikan quota sebesar .
Pengalaman setelah menggunakan tablet smartfren 7.0 ini pun pernah crash. Terutama ketika menjalankan aplikasi browser Opera. Setelah dicari-cari apa yang salah, ternyata saya menemukan bahwa wallpaper berkontribusi membuat thread processor berjalan ekstra keras karena saya menggunakan Live Wallpaper.
Untuk itu, segera saja saya nonaktifkan Live Wallpaper yang saya pernah hidupkan dan ganti dengan wallpaper biasa.

Di sisi desain hardware, pengguna tablet Smartfren Andromax Tab 7.0 bisa menggunakan eksternal keyboard dan mouse karena disediakan mini USB port yang bisa dihubungkan dengan kabel USB tambahan sehingga bisa mensupport keyboard USB dan mouse USB. Jadi anda bisa meminimalisir pemakaian menggunakan sentuhan jari di layar yang mungkin saja membuat layar tampak tergores. Disediakan HDMI port juga yang bisa memungkinkan anda mencolok perangkat sound system bahkan menghubungkannya dengan layar televisi sehingga apa yang tampak di layar tablet bisa nongol di tv.

Beberapa kelemahan yang tidak saya sukai dari awal pembelian sampai pemakain sampai saat ini adalah tidak bisanya saya menelpon menggunakan perangkat ini karena diblokir oleh pihak vendor. Walaupun sudah install aplikasi Dial Pad dan sejenisnya, tetap saja tidak memungkinkan, mungkin ada yang bisa jailbreak?
Bahkan menginstal Viber yang bisa free calling via VoIP pun belum bisa. Beberapa aplikasi penting yang menunjang aktivitas saya pun masih tidak kompatibel. Aplikasi Mandiri, BCA, SMS gateway yang penting-penting tidak berhasil terinstal mengurangi nilai manfaat pemakaian tablet AndroMax 7.0 ini.

angry birds space smartfren

Kartu yang hanya diizinkan untuk diselipkan ke slot RUIM card menurut pihak smartfren hanya bisa kartu smartfren connex saja, dikotak dituliskan larangan pemakaian kartu lain karena akan merusak garansi yang diberikan. Tetapi menurut saya, menggunakan kartu smartfren sudah sangat memuaskan. koneksi streaming ke Youtube dan aplikasi built-in tv sangat memuaskan, tidak ada buffering *maksud saya jarang terjadi buffering. Mungkin untung-untungan juga karena rumah saya kebetulan dekat BTS kali ya? hehe.
Overall, untuk harga yang sangat murah ditawarkan ini, selama penggunaan seminggu, tablet ini tidak banyak bikin masalah. Hanya saja yang paling mengusik sampai sekarang adalah kinerja baterai yang cepat abis dan cepat panas juga. Semoga review yang ala kadar mengenai pemakaian Smartfren Andromax Tab 7.0 bisa bermanfaat dan menjadi pedoman bagi anda yang lagi serius nyari tablet murah, ekonomis, terjangkau tetapi kemampuan yang lumayan hebat.
work.fun.play !

Ini dia spesifikasinya:

CDMA 2000 1x EVDO Rev A 800Mhz
Android 4.0 Ice Cream Sandwich
1 Ghz Processor (ARM Cotex-A8)
1GB RAM
7 inch TFT LED (1024 x 600)
Capacitive Multitouch Screen
Internal Storage 4GB Nand Flash
Battery Lithium 3000mAh
Google Apps
Built in GPS
Dual Camera: Back 2MP & Front 2MP
WiFi 802.11b/g/n, Bluetooth 2.1 , microUSB up to 32GB, mini HDMI
RUIM enabled
Google Apps, Adobe Flash Player ver10.3
Dimension 199.5*126*10mm

tags:

baterai smartfren andromax tab boros,tablet smartfren hang,kelemahan andromax tab 7,harga tablet smartfren andro max,apa saja yang bikin rusak smartfren andromax tab 7 new,kelebihan dan kekurangan tablet smartfren,andromax tab cepat panas,andromax tab 7,Andromax Tab 7 0,problem sim card tablet smartfren andromax tab 7 0
Permalink:

Tautan
 3  4  5  6  7  8  10  11  12  13  14  15  16  17  18  20  21  22  23  24  26  32  36  37  38  39  42  43  44  46  48  

12 Responses to “Review Tablet Smartfren Andromax Tab 7.0”

  1. 1
    ciburuan Says:

    Wah, terima kasih sekali atas review-nya.
    Hal ini yang saya cari. Ternyata seperti itu kekurangan yang ada di tablet ini…

    Sekali lagi terima kasih

  2. 2
    hendra Says:

    Bisakah menggunakan keyboard dan mouse secara bersamaan? karena port micro usb cuma satu, saya coba pakai usb port tambahan tidak bisa terdeteksi.

  3. 3
    paefatiya Says:

    Mantab reviewnya…sangat bermanfaat..
    soalnya saya lagi kesengsem sama ini tablet..makanya sebelum memutuskan beli, pengin tahu kelebihan kekurangnnya…
    Thank’s…

  4. 4
    goes Says:

    tab smart sy mendadak hang,,(,no respon) di restart/reboot tidak bisa…mkn sarannya

  5. 5
    goes Says:

    tab smart sy mendadak hang,,(,no respon) di restart/reboot tidak bisa…mhn sarannya

  6. 6
    uliziousch Says:

    mau tanya,, kalo dibuat ke luar kota ntar nomernya gmn?kn cdma.. apa mesti di combo2 segala?mohon pencerahan

  7. 7
    rifky Says:

    tapi kalo daftar paket bisa kan ???

  8. 8
    kiagenggeneng Says:

    to iklan ga mo di ilangin… amat sangat nyebelin……

  9. 9
    torry Says:

    tq, jadi klo ful intens memang hanya 4 jam an saja ya Mas?. syukurlah brarti andromax saya normal ya. tq

  10. 10
    Dave Says:

    Tq utk infonya, saya sebenarnya lagi mencari tablet atau note yang bisa menjalankan chart-nya chartnexus, itu loh, chart saham yang hanya dapat dijalankan gadget yg mendukung java. Ios-nya ipad sayangnya tak mendukung hal ini.

  11. 11
    junaedi Says:

    tab smart sy mendadak hang,,(,no respon) di restart/reboot tidak bisa…mkn sarannya

  12. 12
    lepra Says:

    andromaxx sy dg mode aktif opera, WA, ubersocial bs awet 6 jam batrenya…
    kalo hang di atas ada lubang 2, yg 1 lubang mic, yg 1 lubang utk restart, bs dicolok jarum ato paperclip utk mbantu nyolok

Leave a Reply