Cara Menghemat Memory Browser Firefox Agar Tidak Sering Hang


Beberapa hari ini saya agak heran dengan komputer saya, terutama saat komputer digunakan saat menjelajah internet. Kebetulan saya menggunakan browser Firefox yang sudah saya pakai dari versi jebot sampai versi terbaru dan terus diupdate. Selama saya memakai Firefox rasa-rasanya tidak pernah ada gangguan atau terjadi hang, error, crash. Masalah hang, error, crash hanya terjadi beberapa kali selama ribuan kali pemakaian. Tapi akhir-akhir ini masalah klasik itu terjadi berulang-ulang sampai membuang waktu yang banyak hanya untuk nunggu loading dan switching aplikasi. Akhirnya saya coba pecahkan masalah ini dengan kemampuan saya yang seadanya. Setidaknya saya jarang sekali menggunakan tool ataupun program supplemen untuk menyelidiki setiap masalah yang terjadi di laptop saya.
Pertama-tama yang saya analisa adalah dengan menghidupkan Task Manager dengan CTRL-ALT-DEL. Dari sana saya mencoba nge-track statistik pemakaian setiap aplikasi yang lagi running.
Semula saya curiga kalau yang nyebabkan sering hang di browser adalah virus ataupun program resident seperti anti-virus AVG yang saya setting auto Update dan settingan lain, tetapi setelah saya cek di Task Manager, ternyata statistik konsumsi Firefox saya begitu tinggi pemakaiannya. Memang anti virus saya sudah sering warning mengenai browser firefox yang sudah makan memory cpu tinggi, tapi saya cuekin, tetapi hari ini saya bertekad untuk membereskannya juga. Inilah langkah-langkah yang saya ambil sebagai cara untuk menghemat memory CPU di browser Firefox agar tidak sering hang dan waktu loading lama.

1. Disable Add-Ons Firefox yang jarang dipakai
2. Remove Add-ons Firefox yang sudah tidak terpakai
3. Disable plugin-plugin Firefox yang sekiranya tidak penting, tetapi saya sisakan Adobe PDF Reader dan Shockwave Flash plugin
4. Hapus feed-feed berita yang jarang anda ikuti
5. Setting virtual memory ditambah dari control panel
6. Matikan javascript di browser jika tidak diperlukan saat browsing
7. Restart firefox

Khusus untuk bookmark-bookmark yang telah anda simpan di browser tidak perlu dikhawatirkan karena tidak akan mengganggu kenyamanan browsing anda. Tetapi untuk feed reader di browser Firefox, feed reader bisa membuat loading browser jadi lambat walaupun ada cache khusus yang tersimpan, tetapi feed-feed berita pasti akan terus terupdate berkala sehingga jika pas anda sedang loading animasi-animasi yang berat-berat, ditambah pula terjadi update add-ons, juga feed reader sedang mengupdate berita-berita, maka kemungkinan browser jadi “Not Responding” bisa terjadi.
Silahkan ikuti langkah-langkah di atas dan rasakan perbedaannya.

tags:

cara agar firefox tidak crash,cara agar firefox tidak lag,cara agar mozila firefox tidak lag,cara membuat firefox tidak memakan cpu,firefox sering lag saat browsing,plugin shockwave sering crus
Permalink:

Tautan
 3  4  5  6  7  8  10  11  12  13  14  15  16  17  18  20  21  22  23  24  26  32  36  37  38  39  42  43  44  46  48  

Leave a Reply